Macam-Macam Alat Ukur



MACAM-MACAM ALAT UKUR

Pengertian alat ukur
            Adalah sebuah alat untuk membandingkan kuantitas fisik seperti luas,panjang,massa dan temperature dari suatu objek dengan kejadian dunia nyata. Ilmu yang mempelajari tentang alat-alat ukur disebut dengan Metrologi.
Berikut macam-macam alat ukur yang ada disekeliling kita dan sering digunakan baik untuk mengukur suhu,masa,panjang dan lainya.
ALAT UKUR MASSA
            Dalam mengukur massa suatu benda kita memerlukan alat bantu yaitu berupa timbangan (Neraca). Ada beberapa macam neraca diantaranya :
Neraca Pegas
Description: http://3.bp.blogspot.com/-yUkuu68zpsY/VD4d5g5SrNI/AAAAAAAABnA/XVtT_v6YOUc/s1600/neraca%2Bpegas.jpeg
            Merupakan timbangan sederhana yang menggunakan pegas sebagai alat untuk menentukan massa sebuah benda yang diukurnya. Neraca pegas mempunyai dua baris skala yaitu N (Newton) dan g (gram).
Cara menggunakan : untuk menimbang beban benda atur terlebih dahulu skala 0 (nol) dengan cara memutar sekrup pengatur skala,setelah itu gantungkan benda pada pengait neraca dan kemudian bias diketahui hasil dari pengukuran tersebut.
Kelebihan dari neraca pegas yaitu mengetahui secara bersamaan massa dan berat pada suatu benda dalam satu kali timbangan saja.

Neraca Sama Lengan
Description: http://3.bp.blogspot.com/-Xtq0TMSP33Q/VD4d6Dlf45I/AAAAAAAABnI/HXJlnr7qILM/s1600/neraca-ohaus-dua-lengan.jpg
            Merupakan neraca yang mempunyai dua piringan yang masing-masing memiliki fungsi,piringan satu sebagai beban dan satu lagi sebagai anak timbangan. Dalam keadaan seimbangan itu berarti beban sama dengan berat anak timbangan. Neraca ini sering digunakan untuk menimbang emas.



Neraca Tiga Lengan (O Hauss)
Description: http://2.bp.blogspot.com/-m6GNfbTbpQo/VD4d138zPnI/AAAAAAAABl4/5_q7c1rhBJY/s1600/500px-Ohaus-Scale.jpg
            Neraca ini mempunyai tiga lengan dengan masing-masing fungsinya yaitu lengan pertama yang berskla ratusan gram,lengan kedua berskala puluhan gram sedangkan lengan ketiga yang berskala satuan gram. Neraca tipe ini sering digunakan pada laboratorium sekolah.






Timbangan Pasar
Description: http://rumushitung.com/wp-content/uploads/2013/06/timbangan-pasar.jpg
Timbangan yang banyak digunakan di pasar. Terdiri dari dua bagian utama, yaitu bagian tempat benda dan bagian anak timbangan. Berkapasitas ukur maksimal 15-20 kg dan bisa dibawa dengan tangan.


Timbangan Gantung
Description: http://rumushitung.com/wp-content/uploads/2013/06/timbangan-gantung.jpg
Banyak di jumpai di pasar-pasar, kapasitas ukur maksimal 100 s.d. 150 kilogram. Cara menimbangnya yaitu dengan membungkus benda dalam wadah karung (bisa yang lain) kemudian di kaitkan dengan pengait yang ada di timbangan gantung.










ALAT UKUR PANJANG
            Alat ukur panjang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari,hari diantaranya yaitu :
Mistar
Description: http://1.bp.blogspot.com/-mvHdDtF-tNE/VD4d5XK69JI/AAAAAAAABnc/CSj4LKsbLUY/s1600/mistar.jpeg
            Mistar yang sering kita sebut sebagai penggaris ini pada umumnya memiliki skala terkecil yaitu 1 mm atau 0,1 mm. pada saat melakukan pengukuran dengan mistar hendaknya arah pandang harus tegak lurus dengan skala pada mistar dan benda yang diukur,jika pandangan tertuju pada arah yang tidak tepat maka akan menyebabkan nilai pengukuran salah,kesalahan semacam ini disebut sebagai kesalahan paralaks.
Jangka Sorong
Description: http://1.bp.blogspot.com/-4Dkaof-6NHA/VD4d4UNVADI/AAAAAAAABmo/Gr9i_fmdsCk/s1600/jangka%2Bsorong.jpeg
            Sebuah alat yang terdiri dari dua bagian yaitu rahang tetap dan rahang geser.skala panjang yang terdapat pada tetap merupakan skala utama,yang memiliki skala dalam cm dan mm. sedangkan skala pendek yang terdapat pada rahang geser merupakan nonius (yang memiliki panjang 9 mm dan dibagi dalam 10 skala) sehingga beda satu pada skala nonius dengan satu skala pada skala utama adalah 0,1 mm atau 0,01 cm. skala terkecil pada jangka sorong adalah 0,1 mm/0,01 cm.
Micrometer 
Description: http://1.bp.blogspot.com/-7uZdgxBWv44/VD4d43dlRiI/AAAAAAAABmw/oE3D-0w_WGg/s1600/mikrometer.jpeg
            Merupakan sebuah alat ukur yang memiliki ketelitian 0,01 mm. kegunaan dari alat ini yaitu untuk mengukur ketebalan benda-benda yang cukup kecil seperti kawat.kabel,lebar kertas dan lempengan baja.

ALAT UKUR WAKTU
            Standar satuan waktu adalah second atau detik,alat yang digunakan untuk mengukur waktu biasanya jam atau arlogi. Dan untuk alat lainya sebagai berikut:
Jam Sukat (Stopwatch)
Description: http://4.bp.blogspot.com/-6KBM5I0NSiI/VD4d3ziTaBI/AAAAAAAABmY/AGrJtbg8rDg/s1600/jam%2Bsukat.jpeg
            Merupakan alat yang digunakan untuk mengukur lamanya waktu yang diperlukan dalam sebuah kegiatan,misalnya : berapa waktu yang dibutuhkan seorang perenang untuk menempuh garis finish.
Cara menggunakanya : dengan memulai menekan tombol diatas dan berhenti suatu waktu detik ditampilkan sebagai waktu berlalu,kemudian dengan menekan tombol kedua pengguna dapat menyetel ulang jam sukat kembali ke nol. Tombol kedua jg digunakan sebagai perekam waktu.
Stopwatch (jam sukat) ada dua macam yaitu jam sukat analog dan jam sukat digital. Jam sukat analog ini memiliki ketelitian 0,1 second sedangkan jam sukat analog memiliki batas ketelitian hingga 0,01.




Jam Pasir
Description: http://4.bp.blogspot.com/-62Lw_xiSwYU/VD4d3r-A9TI/AAAAAAAABm4/8fdu8PUn0HU/s1600/jam%2Bpasir.jpeg
            Terdiri dari dua tabung gelas yang terhubung dengan sebuah tabung sempit. Salah satu tabung biasanya diisi dengan pasir yang kemudian mengalir melalui tabung sempit ketabung dibawahnya dengan laju yang teratur. Dimana jam pasir ini digunakan untuk mengitung waktu selama satu jam.




Jam







Description: jam alat ukur waktu

             Jam atau arloji adalah alat ukur waktu paling  populer, macam dan bentuknya sangat banyak. Ada jam dinding, jam tangan, jam mekanik, jam digital, dan lain sebagainya. Tingkat ketlitian jam mulai dari 0,1 s hingga 1s




ALAT UKUR SUHU
            Suhu dapat didefinisikan sebagai derajat panas suatu benda. Berikut beberapa macam alat ukur suhu yang sering kita jumpai,diantaranya yaitu :
Thermometer 
Description: http://4.bp.blogspot.com/-EUsaX4-EJjQ/VD4d7Gbhk0I/AAAAAAAABng/24UDL25Dix4/s1600/thermometer.jpeg
            Merupakan alat yang digunakan untuk mengukur suhu atau perubahan suhu. Thermometer berasal dari dua kata yaitu thermo yang berarti panas dan meter yang mempunyai arti untuk mengukur. Prinsip kerjanya bermacam-macam dan yang paling umum digunakan adalah thermometer air raksa.



ALAT UKUR KELEMBABAN
            Kelembaban merupakan konsentrasi uap air di udara. Angka kosentrasi ini dapat diekspresikan dalam kelembaban absolute,kelembaban spesifik dan kelembaban relative. Alat yang dapat mengukur kelembaban diantaranya yaitu :
Hygrometer
Description: http://4.bp.blogspot.com/-eZCY0HVlrGE/VD4d21sGfCI/AAAAAAAABmI/KtXet1YuA3k/s1600/higrometer.jpg
 Adalah sejenis alat untuk mengukur tingkat kelembaban pasa suatu tempat,biasanya alat ini ditempatkan di dalam bekas penyimpanan barang yang memerlukan tahap kelembaban yang terjaga seperti dry box penyimpanan kamera. Kelembaban yang rendah akan menjegah jamur yang menjadi musuh pada peralatan tersebut. Alat ini juga banyak digunakan untuk mengukur kelembaban pada budidaya jamur,penetasan telur dsb.
ALAT UKUR TEKANAN
Barometer
Description: http://4.bp.blogspot.com/-zbJ7mD017iU/VD4d1-zzs7I/AAAAAAAABmA/qSNGa-BL3Z0/s1600/barometer.jpeg
            Merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengukur tekanan udara,sering digunakan dalam meramal cuaca,dimana tekanan udara yang tinggi menandakan cuaca yang bersahabat sedangkan tekanan udara yang rendah menandakan kemungkinan adanya badai.


ALAT UKUR LISTRIK
Merupakan alat ukur yang berhubungan dengan listrik,diantaranya yaitu
Amperemeter
Description: http://4.bp.blogspot.com/-inbTJ-uFlgE/VD4d17lqcZI/AAAAAAAABno/BWiHp9EAIUc/s1600/ampere.jpeg
            Merupakan alat yang digunakan untuk mengukur kuat arus listrik yang ada dalam rangkaian tertutup,amperemeter biasa dipasang berderet dengan elemen listrik.
Cara menggunakan : dengan menyisipkan amperemeter secara langsung kerangkaian.


Voltmeter 
Description: http://1.bp.blogspot.com/-IiIrbusySuE/VD4d7iHOeOI/AAAAAAAABnk/s-ugg4YqNIE/s1600/voltmeter.jpeg
            Merupakan alat untuk mengukur besar tegangan listrik dalam suatu rangkaian listrik. Disusun secara pararel terhadap letak komponen yang diukur dalam rangkaian,alat ini terdiri dari tiga buah lempengan tembaga yang terpasang pada sebuah Bakelite yang dirangkai dalam sebuah tabung kaca maupun plastik.



Ohm meter
Description: http://2.bp.blogspot.com/-1j5qHnbzxoE/VD4d6gpNkqI/AAAAAAAABnY/ftHTlW_TEMo/s1600/ohm%2Bmeter.jpeg
            Merupakan alat pengukur hambatan listrik,yaitu daya untuk menahan mengalirnya arus listrik dalam suatu konduktor,besar hambatanya diukur dalam satuan ohm.






Multimeter















Description: multimeter

Gabungan, alat ukur listrik yang bisa digunakan untuk mengukur tegangan, arus, dan hambatan listrik sekaligus
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: